Kenali Jalur Masuk Universitas Terbaik Di Indonesia

universitas terbaik di Indonesia



Pada umumnya setiap pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan menengah atasnya, sering kali dibuat bingung dengan cara masuk perguruan tinggi atau salah satu universitas terbaik di Indonesia. Selain dibuat bingung dengan cara masuk atau mendaftarnya. Yang paling membingungkan ialah ketika memilih jurusan yang hendak dipilih. Kemudian bingung lagi, apabila setelah mengikuti tes masuk disalah satu universitas yang diinginkan. 

Maka harus memikirkan kembali, universitas mana yang menjadi sasaran selanjutnya. Dan masih banyak lagi kebingungan-kebingungan lainnya. Yang pasti, anda tidak perlu memikirkan hal tersebut terlalu lama. Untuk memantapkan keyakinan anda, pastikan untuk meminta izin, pendapat serta saran orang terdekat terutama orang tua.

Setelah anda mendapatkan informasi penting dari orang disekeliling anda, maka dengan demikian anda akan lebih mudah untuk menentukan pilihan. Setelah semua kebingungan atas pertanyaan anda memiliki jawaban, langkah selanjutnya ialah mencoba untuk mengikuti tes masuk di universitas yang anda inginkan. Namun sebelumnya, kenali terlebih dahulu kenali beberapa jalur masuk universitas terbaik di Indonesia berikut ini!

  1. SNMPTN
    Merupakan salah satu jalur masuk khusus yang dapat anda coba ikuti. Yang mana, jalur yang satu ini menggunakan indeks prestasi anda selama di tingkat menengah atau SMA atau sederajat. Indeks prestasi yang digunakan mulai dari semester 1 hingga semester 5. Kelebihan dari jalur SNMPTN ini adalah anda tidak harus repot mengikuti ujian atau tes tulis secara langsung. Karena kelulusan akan benar-benar ditentukan dari indeks prestasi anda selama di SMA. Biasanya pendaftaran dilakukan secara online melalui pihak sekolah.
  2. SBMPTN
    SBMPTN sering dikenal juga dengan istilah jalur undangan. Di mana ketika anda hendak mendaftar pada suatu universitas. Anda akan mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti tes ujian masuk. Sebaiknya, agar anda lolos di jalur ini, persiapkan diri anda sebaik mungkin dan banyaklah berlatih.
  3. Mandiri
    Jalur mandiri masuk PTN atau PTS merupakan salah satu jalur yang diadakan oleh universitas terkait. Sehingga ketika anda ingin mengikuti jalur ini, maka anda secara mandiri datang dan mengikuti ujiannya secara langsung.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment