Pages

Jumat, 14 Oktober 2016

Faktor Fisik dan Psikis menjadikan Anak Susah Makan

 
Anak susah makan? ini merupakan suatu permasalahan bagi orang tua. Seperti yang kita ketahui bahwa didalam makanan untuk bayi dan anak terdapat banyak gizi nutrisi serta vitamin yang di butuhkan oleh para anak untuk pertumbuhan serta perkembangan kesehatan anak kita tentunya. Karena memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi manfaat gizi untuk kesehatan serta kecerdasan anak itu memiliki peranan penting yang cukup besar dalam hal ini. Asupan makanan bagi anak pada usia 1-5 tahun merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak-anak. Makanan dalam hal ini berfungsi dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi serta nutrisi dalam menunjang setiap aktifitas anak-anak di kesehariannya.


Apabila anak susah makan hal ini tidak segera kita atasi dengan cepat akan berdampak serta berpengaruh yang kurang baik untuk kesehatan serta proses pertumbuhan anak. Anak akan lebih mudah terserang penyakit apabila pemenuhan gizi serta nutrisinya tidak tercukupi dengan baik. Pentingnya asupan gizi dalam makanan untuk perkembangan serta kecerdasan anak tidak boleh dianggap sebelah mata. Karena pada masa kanak-kanak merupakan suatu proses pertumbuhan mental bagi si anak di kemudian harinya. Ada beberapa faktor bagi anak yang susah makan diantaranya dibedakan dari faktor fisik pada anak dan juga faktor psikis. Faktor fisik bagi anak yang susah makan, adalah adanya gangguan di organ pencernaan anak maupun terdapat infeksi saluran buang ari besar. Sedangkan untuk faktor psikis biasanya karena adanya gangguan pada sifat anak, seperti pada kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama-sama, maupun anak dipaksa untuk memakan makanan yang tidak disukainya.

Untuk itu, bagi para orang tua sebisa mungkin untuk melakukan suatu hal yang baik untuk anak agar anak susah makan menjadi dapat makan dengan baik. Jika anak anda tidak dapat makan, maka anda harus memberikan porsi makan yang tepat seperti memberikan makanan yang membuatnya menggugah selera, ataupun anda dapat memasak masakan yang beragam bentuk. Contohnya menggoreng telur mata sapi yang membuat si anak menjadi tertarik untuk makan. Dan jangan lupa, pemberian susu yang paling penting. Karena susu juga tepat untuk pertumbuhan otak serta perkembangan pertumbuhan anak. Susu yang disarankan adalah susu Dancow.