Mengatasi Masalah Susah Makan Pada Anak


Pada usia satu tahun keatas, anak biasanya mulai bisa berjalan dan mulai ingin bermain ke luar rumah. hampir setiap hari sejak pagi hingga sore bunda menemani si kecil bermain, berlari-lari di luar rumah. Pada masa ini anak memang akan mulai ingin mengenal dunia luar dan merupakan waktu yang menyenangkan untuk dia bermain.

Bunda pasti akan merasa senang melihat keceriaan si kecil meskipun terkadang merasa lelah karena harus mengikuti kemana perginya si kecil sepanjang hari. Namun, dibalik keceriaan itu seringkali bunda menemui masalah yang membuat bunda khawatir, yaitu anak susah makan karena keasyikan bermain dan tak mau untuk di ajak pulang. Padahal bunda tahu bahwa anak di usia balita ini memerlukan asupan makanan bergizi yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya di masa yang akan datang.

Untuk itu, bunda tidak boleh menganggap sepele masalah ini dan bunda harus menemukan solusinya secepat mungkin. Lalu bagaimana cara mengatasi anak susah makan yang tepat? Berikut beberapa tips untuk membantu si kecil agar tetap mau makan :
  • Bermain sambil mengajaknya makan
Mengikuti kegiatan bermain anak tentunya akan membuat bunda menjadi lebih tenang karena bisa lebih menjaga keselamatan anak. Alangkah lebih baiknya jika bunda menemani si kecil bermain dengan membawa bekal makan siangnya dan menyuapi si kecil di sela-sela ia bermain, sehingga jadwal makan siangnyapun tidak terlewati karena bermain di luar rumah.
  • Mengatur jadwal makan anak dengan baik
Bunda, biasakan si kecil untuk makan sebanyak 3 kali sehari dengan porsi yang pas untuk usia si kecil tentunya. Luangkan waktu ayah dan bunda di rumah misalnya di pagi hari untuk sarapan bersama, agar anak terbiasa dan merasa senang untuk sarapan pagi bersama keluarga di setiap harinya.
  • Berikan cemilan yang sehat dan menarik
Cara mengatasi anak susah makan juga bisa dilakukan dengan memberikannya cemilan sehat yang dibuat dengan semenarik mungkin yang dapat dijadikan sebagai selingan untuk si kecil di sela-sela waktu makannya.
  • Berikan nutrisi tambahan untuk anak
Bunda, selain makanan yang sehat dan bergizi, si kecil juga membutuhkan nutrisi tambahan yang sangat penting untuk membantu optimalkan tumbuh kembangnya. Bunda bisa berikan varian susu Dancow sesuai usia si kecil.


Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk si kecil ya bunda..
Previous
Next Post »