Memasak Udang Kukus Bumbu Rujak

Anda ingin mengolah udang? Anda bisa melihat cara memasak udang di NICI (Nestle Indofood Citarasa Indonesia). Di website tersebut membahas berbagai tips dan juga resep masakan. Salah satunya yaitu menu masakan dari bahan udang yaitu resep udang isi kukus bumbu rujak.
Berikut ini merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah udang dengan cara memasaknya ala NICI.

250 gram udang pacet
200 gram udang berukuran kecil (cincang halus)
1 buah jeruk nipis
1 sendok makan minyak wijen
15 gram tepung maizena
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng Bimoli
Penyedap rasa Indofood Magic Lezat

Bahan saus: 75 gram bawang merah, 50 gram bawang putih, 100 gram cabai merah, 20 gram cabai rawit, 1 batang serai, 3 lembar daun salam, 50 ml santan kental, garam, lada dan juga penyedap rasa secukupnya
Untuk cara memasaknya yaitu pertama-tama buang bagian kulit udang, sisakan untuk bagian ekornya kemudian belah bagian punggung akan tetapi jangan sampai terputus. Bersihkan sampai bersih kemudian baluri dengan menggunakan jeruk nipis. 

Langkah berikutnya yaitu udang kecil yang sudah dicincang sebelumnya dicampurkan dengan minyak wijen, kemudian tepung maizena, lada, garam dan juga penyedap rasa. Aduk-aduk sampai tercampur merata. Kemudian adonan daging yang sudah tercampur merata disimpan di atas punggung udang pacet yang sudah disiapkan tadi. isi udang sehingga bentuknya seperti tahu isi. Setelah semua adonan dimasukkan ke dalam udang pacet sisihkan, kemudian panaskan wajan untuk mengukus udang tersebut sampai matang, kira-kira kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Untuk langkah berikutnya yaitu untuk menyiapkan bumbu rujaknya. Langkah pertama yaitu haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan juga cabai rawit sampai halus kemudian tumis bumbu tersebut sampai aromanya keluar jangan lupa untuk menambahkan batang serai, daun salam dan juga air santa. Aduk terus agar santan tidak pecah, kemudian tambahkan garam, lada dan juga penyedap rasa. Selanjutnya masukkan udang pacet yang sudah direbus tadi. masak sambil diaduk-aduk selama kurang lebih 2 menit. dan yang pun siap untuk disajikan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment