UI Siapkan Mahasiswanya Untuk Bersaing Secara Global


UI Siapkan Mahasiswanya Untuk Bersaing Secara Global
Era globalisasi adalah hilangnya sekat-sekat yang memisahkan sebuah Negara. Terpisahnya oleh beberapa samudera dan benua, sekarang tidak menjadi halangan untuk masuknya informasi secara cepat pada sebuah negara. Tentu saja hal tersebut memberikan perubahan yang signifikan pada dunia pendidikan terutama pendidikan di tingkat universitas atau perguruan tinggi. Karena pendidikan di tingkat unversitas ini merupakan jenjang pendidikan tertinggi untuk seseorang. 

Prestasi universitas yang dimiliki sebuah negeri menjadi salah satu indikator majunya pengembangan ilmu pengetahuan di negeri tersebut. Oleh karena itu, sebagai universitas terbaik di negeri ini, Universitas Indonesia mengikuti berbagai forum ilmiah di tingat nasional maupun tingkat internasional untuk terus menaikkan prestasi di bidang ilmu pengetahuan sehingga dapat sejajar bahakan lebih unggul dibandng negara-negara lain di dunia

Untuk mencapai keinginan tersebut, haruslah direncanakan dan diperlukan managemen yang bagus untuk menggerakkan semua civitas UI agar dapat bekerja sesuai rencana. Nampaknya, usaha yang dijalankan UI tersebut sudah memperlihatkan hasil yang baik. Misalnya dengan seringnya UI mendapatkan penghargaan di forum ilmiah tingkat internasional untuk bidang-bidang tertentu. Misalnya saja untuk bidang ekonomi, bidang kesehatan, dan bidang bahasa inggris UI sudah menjadi langganan juara. Sehingga nama UI sebagai universtas terbaik negeri ini bukan hanya dikenal di dalam negeri saja tetapi di negra-negara lain pun sudah mengetahuinya.

Cara lain untuk menjawab tantangan di era globalisasi saat ini, UI membuka kelas internasional untuk beberapa jurusan studynya. Kelas internasional ini yaitu kerja sama UI dengan universitas-universitas mitra yang tersebar di dunia. Mahasiswa yang mengambil kelas internasional ini akan belajar d UI dan di universitas mitra selama menyelesaikan perkuliahannya. 

Sehingga para mahasiswa ini akan mendapatkan dual degree. Maksudnya, para mahasiswa ini akan mendapatkan dua gelar secara sekaligus. Gelar yang diberikan UI dangelar dari universitas mitra. Dengan demikian, mereka sudah terbiasa bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Rasa percaya diri mereka sudah tertanam sejak kuliah. Mereka sudah bisa mengukur kompeetnsi para kompetitor yang akan bersaing di kancah dunia. Itulah langkah UI sebagai universitas terbaik negeri ini memberikan pelayanan terbaik di bidang pendidikan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment