Mengenal Oli Mobil Sintetik dan Non-Sintetik

oli mobil

Jika Anda mempunyai mobil sebagai kendaraan yang sering Anda kendarai maka Anda harus mengetahui jenis oli mobil yang digunakan. Karena, untuk oli tersebut dibedakan menjadi dua yaitu jenis oli sintetis yang dibuat dari berbagai bahan kimia dengan sifat yang aditif. Kemudian oli mineral, dimana terbentuk dari ekstasi dari minyak bumi, jadi jenis oli ini lebih alami. Kemudian, yang ketiga adalah oli sintetis karena berguna lebih maksimal yang digunakan oleh mobil-mobil pabrikan yang baru. Jenis oli ini mempunyai kelebihan yaitu kadar penguapannya lebih rendah dan cenderung stabil dalam suhu yang tinggi, kemudian tahan terhadap gesekan, lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi, dapat melumasi mesin dengan baik, dan mampu membersihkan mesin karena mengandung detergen.

Jadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah Anda harus menghindari jenis oli mobil yang palsu, dimana sekarang ini banyak terjual di pasaran. Kemudian, oli yang palsu ini dipatok harga yang relatif lebih murah. Anda perlu berhati-hati ketika membeli ili dengan memperhatikan hal berikut ini; oli umumnya berwarna kuning jernih seperti minyak kelapa sawit, dan oli yang palsu tersebut berwarna lebih pekat atau hitam. Jika oli palsu maka akan terasa kasar ketika dipegang dengan kedua jari tangan karena mengandung logam. Kemudian, oli yang palsu tersebut baunya sangat tengik atau tidak enak seperti Anda mencium bau dari bekas pembakaran.
oli mobil

Jadi, hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih jenis oli adalah terletak pada kualitas oli tersebut. Anda bisa memilih Oli Top 1 karena oli tersebut sangat terpercaya dari generasi ke generasi sejak tahun 1971 dan oli ini sudah diakui oleh Guiness world record sebagai oli motor dan oli mobil dengan kualitas terbaik. Jangan mudah untuk gonta-ganti oli karena itu membuat kendaraan Anda beradaptasi lagi dengan pergantian merk yang Anda gunakan. 

Kemudian perhatikan kondisi oli dimana, oli tidak berfungsi sebagai pelumas saja. Namun, juga sebagai pelindung karat, kemudian menjaga kestabilan suhu mesin, dan pembersih untuk menutupi celah dinding mesin tersebut. Jadi, sangatlah penting untuk mengetahui kualitas mesin dari kondisi oli yang digunakannya.









Previous
Next Post »
Thanks for your comment