Pola Asuh yang Membuat Si Kecil Tumbuh Berani dan Mandiri

Karakter berani dan mandiri merupakan karakter penting untuk tumbuh kembang si kecil maupun ketika mereka telah dewasa nanti. Tenang saja, kedua karakter ini bisa tumbuh dengan pola asuh anak yang benar. Bunda bisa memberikan pola asuh yang yang benar ini sejak mereka masih usia dini. Langsung saja, berikut ini adalah cara mendidik si kecil agar tumbuh dengan mandiri dan berani:

Kenalkan dengan Lingkungan Luar

Banyak orang berpendapat bahwa kepribadian seseorang terbentuk sejak dini. Jadi Anda harus menanamkan sifat berani dan mandiri sejak mereka masih kecil. Anda perlu sering mengajak si kecil berada di lingkungan luar dan bertemu dengan banyak orang. Sebagai contoh yaitu mengajak si kecil bermain di taman untuk bertemu dengan anak-anak seusianya. Jadi mereka nantinya tidak akan merasa takut ketika bertemu dengan orang-orang yang baru mereka kenal.

Biarkan Si Kecil Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan sendiri merupakan salah satu ciri-ciri sifat mandiri dari seseorang. Jadi Anda sebagai orangtua sebaiknya tidak memaksakan si kecil untuk mengambil keputusan tertentu. Tanyakan pada si kecil apa yang mereka inginkan dan mereka sukai. Apabila pilihannya kurang sesuai maka Bunda bisa memberikan masukan dan pengertian. 

Menjadi Pelindung Bagi Si Kecil

Jangan memaksa si kecil untuk berani terhadap segala hal yang Bunda berikan. Sebagai contoh yaitu perkenalan dengan air ketika berenang pertama kali, berkenalan dengan orang baru, dan lain sebagainya. Berikan dukungan dan perlindungan agar si kecil berani mencoba terhadap apa yang mereka takuti tersebut.

Berikan Apresiasi Terhadap Segala Usahanya

Apabila si kecil sudah berhasil melakukan sesuatu maka tugas Bunda selanjutnya adalah memberikan apresiasi terhadap usaha yang dilakukan. Meskipun dalam keadaan gagal pun Anda juga tetap harus memberikan apresiasi karena mereka sudah berani mencoba.

Itulah berbagai pola asuh anak yang bisa membantu menumbuhkan karakter mandiri dan berani. Bunda pasti bangga bukan jika memiliki anak yang mandiri dan berani? Dukung juga eksplorasi mereka dengan nutrisi yang seimbang melalui makanan dan susu pertumbuhan. Dancow 1+ Nutritods bisa Anda berikan pada si kecil berusia 1-3 tahun, sedangkan Dancow 3+ Nutritods bisa diberikan pada si kecil 3-5 tahun. Dan untuk si kecil yang berusia 5 tahun ke atas berikan Dancow 5+ Nutritods.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment