Pengertian dan Jenis Kurs yang Perlu Anda Tahu

Kurs

Untuk kebutuhan tertentu, kadang mengharuskan seseorang untuk menukar mata uang. Misalnya saja ketika akan pergi ke luar negeri, maka mata uang negeri asal harus ditukar dengan mata uang negara tujuan. Hal ini perlu dilakukan agar uang bisa digunakan di negara tujuan. Dalam hal tukar menukar mata uang dari dua negara ini, sering terdengar istilah kurs. Apa sebenarnya pengertian dari istilah tersebut.

Istilah tersebut berarti nilai mata uang terhadap mata uang lain. Istilah tersebut bisa juga diartikan sebagai perbandingan nilai mata uang. Nilai mata uang tersebut bisa menurun yang disebut dengan istilah devaluasi. Sementara jika nilai mata uang meningkat disebut dengan istilah revaluasi. Selain dua istilah tersebut, nilai mata uang juga dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

kurs
source: https://assets.jenius.com/assets/2019/08/30113601/Pengaturan-Notifikasi.jpg


Nilai Jual


Nilai jual mata uang digunakan oleh bank sebagai harga jual dalam penukaran mata uang asing. Nilai jual ini juga yang dijadikan para pedagang valuta asing untuk menjual valuta asing. Nilai jual mata uang berlaku jika Anda menukar mata uang sendiri dengan mata uang asing. Sebagai contoh, ketika Anda akan pergi ke Amerika dan membutuhkan mata uang dolar. Anda kemudian menukar mata uang rupiah ke dalam mata uang dolar. Nilai yang digunakan dalam pertukaran ini adalah nilai jual.

Nilai Beli


Nilai beli mata uang berarti memiliki pengertian sebaliknya dari istilah sebelumnya. Nilai beli ini digunakan oleh bank sebagai harga beli dalam penukaran mata uang asing atau dijadikan para pedagang valuta asing untuk membeli valuta asing. Nilai beli ini dapat terlihat dari contoh ketika nilai dolar sedang meningkat, Anda berkeinginan untuk menjual dolar yang Anda miliki agar menjadi rupiah.

Nilai Tengah


Nilai tengah mata uang berarti penggabungan dari kedua nilai jual dan nilai beli. Penggabungan ini dilakukan dengan mencari rata-rata. Nilai tengah mata uang termasuk yang jarang digunakan.
Untuk mengetahui nilai tukar mata uang sekarang, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Jenius melalui fitur Jenius Help. Anda pun bisa memeriksa kurs jual maupun beli pada halaman rincian saldo di aplikasi Jenius. Pastikan telah mengaktifkan saldo mata uang asing.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment