5 Cara Efektif Mengatasi Mual Saat Hamil

cara mengatasi mual saat hamil

Mengalami mual saat hamil terutama hamil muda biasanya sering dialami oleh para ibu-ibu hamil. Jika rasa mual yang dialami terjadi sedikit atau sementara mungkin hal tersebut tidak begitu berbahaya bagi ibu hamil. Akan tetapi jika dalam frekuensi rasa mual tersebut sering bahkan berlebihan maka mengetahui bagaimana cara mengatasi mual saat hamil tersebut penting untuk diketahui.

Supaya tidak mengalami rasa mual yang berlebihan terdapat berbagai cara yang bisa dipilih ibu hamil dalam mengatasinya. Untuk lebih jelasnya apa saja Cara mengatasi mual saat hamil dengan berikut ini 5 diantaranya.
  1. Ambil jeda saat bangun pagi. Saat bangun pagi menjadi saat yang paling sering ibu hamil mengalami rasa mual. Mual di pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness sering dialami terutama saat bangun pagi. Dari itu saat awal bangun sebaiknya tidak langsung beranjak dari tempat tidur, akan tetapi berilah waktu jeda saat bangun pagi tersebut. Selain itu jika tetap merasakan mual bisa juga diatasi dengan mengambil cemilan atau biskuit.
  2. Jauhi makanan yang bisa menimbulkan gas. Berbagai makanan yang bisa menimbulkan gas sebaiknya dihindari dijauhi oleh ibu hamil. Makanan yang mengandung gas bisa membuat membuat perut kembung atau penuh sehingga memenuhi perut dan menimbulkan mual. Untuk berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihindari seperti kol, durian, tape, sawi hijau, dan yang lainnya.
  3. Konsumsi buah yang kaya dengan vitamin C. Konsumsi buah yang kaya vitamin C juga sangat baik dalam mencegah rasa mual. Untuk itu konsumsi buah dengan vitamin C secara teratur dan perhatikan juga supaya tidak makan buah yang tidak selalu asam.
  4. Lakukan olahraga ringan. Walaupun sedang hamil yang namanya olahraga tetap saja harus dilakukan. Olahraga yang pas dilakukan seperti olahraga ringan seperti jalan pagi, senam ibu hamil, dan yang lainnya bisa menghilangkan rasa mual.
  5. Dinginkan suhu tubuh. Suhu tubuh pada ibu hamil biasanya akan mudah meningkat sehingga bisa menimbulkan rasa mual. Untuk itu mendinginkan tubuh misalnya dengan AC, kipas angin atau sekedar duduk dan diam diri ditempat sejuk.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment