Cara Mengoptimalkan Tahapan Perkembangan Kognitif Anak

perkembangan kognitif

Bunda, apakah tahu yang disebut perkembangan kognitif anak? Kognitif merupakan sebuah pengetahuan atau pemahaman si kecil. Nah, pengetahuan dan pemahaman ini, bisa kita kembangkan. Namun, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Di sini, kami akan jelaskan tahapan-tahapannya, dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

1. Anak Usia 1 Tahun

Di masa ini, si kecil sudah mulai bisa berkonsentrasi. Si kecil juga sudah bisa memegang barang-barang yang ada di sekitarnya. Meskipun, barang yang mereka pegang umumnya akan acak-acakan.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang usia 1 tahun, beri dia mainan berupa drum kecil. Tepuklah ketukan pada drum mainan tersebut sambil menghitung di setiap ketukannya.

perkembangan kognitif

2. Anak Usia 2 Tahun

Di usianya yang ke-2 tahun, si kecil sudah bisa menyortir objek-objek yang ada di sekitarnya. Misalnya, si kecil sudah bisa membedakan hewan, mobil, dan benda lainnya. Selain itu, si kecil juga sudah mengkomunikasikannya menggunakan kata-kata dasar.

Untuk mengoptimalkan kognitif di usia 2 tahun, bunda bisa mengajarkannya bernyanyi lagu anak-anak yang familiar. Selain itu, juga bisa melatihnya dengan lagu alfabet.

3. Anak Usia 3 Tahun

Di usia yang ke-3, si kecil sudah bisa menunjukkan benda-benda dengan jari mereka. Selain itu, mereka juga sudah bisa berkonsentrasi meski terkadang terganggu oleh pertanyaan bagaimana dan mengapa.

Untuk mengoptimalkan di usia yang ke-3, mulailah untuk membantu mereka memahami kata-kata dan benda. Misalnya, mengenalkan kata seperti kucing, sambil menunjukkan hewan tersebut.

Optimalkan dengan Wyeth

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Nah, itulah penjelasan tentang perkembangan kognitif anak usia 1 hingga 3 tahun. Selain itu, di atas juga sudah kami jelaskan bagaimana cara mengoptimalkannya. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment