Kue Tradisional Indonesia Sebagai Jajanan yang Khas

Kue Tradisional Indonesia Sebagai Jajanan yang Khas
Kue tradisional Indonesia
Kue tradisional Indonesia ada banyak macamnya, ada berbagai varian rasa. Ini merupakan salah satu kekayaan citarasa yang ada di Indonesia, kita bisa melihat banyak sekali varian bentuk dan model kue yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki rasa yang berbeda-beda dan cara mengolahnya juga berbeda pula.

Wajar jikalau di Indonesia ini juga banyak resep makanan, hanya dari Kue tradisional Indonesia saja ada ratusan resep, apalagi dari makanan yang lainnya? pasti banyak sekali. Nah untuk Anda yang bingung kue tradisional apa yang sekiranya tepat untuk bisa Anda jadikan sebagai jajanan yang khas?.

Berikut bisa Anda lihat di bawah ini:

Kerak Telor
Kue yang cukup unik, prosesnya juga cukup unik yaitu dengan nama kerak telor. Makanan ini asli dari Jakarta atau betawi. Kue ini memiliki bahan dari beras ketan putih, kemudian telur bebek, ebi. Kemudian dari berbagai bahan itu di sangria kering yang selanjutnya di tambah dengan bawang merah goreng, diberi bumbu yang sudah disangrai berupa cabe merah, kencur, jahe, merica butiran serta garam dan juga gula pasir.

Kue Tradisional Indonesia Sebagai Jajanan yang Khas

Lupis
Berikutnya kue tradisional yang cukup terkenal dan menjadi primadona yaitu lupis atau lopes, kue ini terbuat dari beras ketan. Kemudian juga dapat menambah kemanisannya dengan adanya kelapa parut serta menggunakan gula aren. Biasanya lupis ini dimakan pada saat sarapan atau pada saat teman minum teh di sore hari. Mengenai cara membuat kue lupis yaitu dengan cara merendam ketan ke dalam air selama kurang lebih dalam waktu setengah jam, kemudian selanjutnya Anda tiriskan dan campur dengan menggunakan air kapur sirih. Selanjutnya Anda ambil dua rangkap daun pisang, kemudian bentuk kerucut dan isi dengan ketan yang tadi sudah disiapkan sebanyak 3 sendok makan, berikutnya Anda lipat daun pisang menjadi bentuk segi tiga. Selanjutnya Anda kukus selama kurang lebih dalam waktu satu jam, kalau itu sudah matang Anda bisa mengeluarkan ketan dari daun pisang, kemudian tambahkan parutan kelapa dan gula merah cair.

Kue Mangkok
Kue mangkok yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan dari tapai singkong. Cara masaknya yaitu dengan di kukus, kue ini memiliki bentuk seperti mangkok dan mekar ada pada bagian ujungnya. Kue yang biasanya dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan dari pihak imigran dari Tiongkok selatan, yang selanjutnya sampai kini mengalami indigenisasi.

Itulah Kue tradisional Indonesia yang sampai saat ini cukup terkenal, jika Anda ingin membuatnya sendiri resepnya tentu sangat mudah sekali dan sederhana.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment