4 Tips Mengatasi Anjing Gemuk

Memiliki anjing yang kelebihan berat badan tentu menjadi PR tersendiri bagi Anda. Sebab, anjing gemuk memiliki risiko displasia panggul lebih tinggi. Displasia panggul ini merupakan kondisi kelainan tulang panggul pada anjing yang menyebabkan anjing kesakitan dan sulit untuk duduk, bergerak, dan berjalan. Kondisi anjing yang kelebihan berat badan juga membuat anjing menjadi lebih rentan terkena kanker. Sehingga kondisi kelebihan berat badan pada anjing dapat menurunkan kualitas hidup anjing.

Berikut ini 4 tips yang patut Anda simak untuk mengatasi anjing yang kelebihan berat badan:

  1. Membawa Anjing Rutin ke Dokter

Salah satu hal wajib yang perlu Anda lakukan ketika memiliki anjing yang kelebihan berat badan yaitu dengan rutin membawa ke dokter. Dengan membawa anjing gemuk rutin ke dokter, Anda memiliki kelebihan yaitu dapat mengecek kondisi kesehatan anjing secara berkala. Sebab, dokter pasti akan memberikan anjuran untuk memperbaiki pola makan, dan memberikan latihan fisik pada anjing Anda.

  1. Mengontrol Porsi Makan Anjing

Kelebihan berat badan pada anjing sebenarnya bisa dicegah dengan mengontrol porsi makan. Namun, jika sudah terjadi, di mana berat badan Anjing Anda sudah over, maka mengontrol porsi makan pada Anjing masih bisa dikerjakan. Berikan makanan pada anjing sesuai dengan takaran yang diberikan, jangan sampai kelebihan porsi makan.Berilah juga makanan yang mempunyai nutrisi yang baik untuk Anjing seperti Royal Canin. 



  1. Memberi Camilan Sehat

Mengontrol porsi makan bukan berarti tidak memberikan makanan sehat pada anjing lho! Jangan pernah takut dan ragu untuk memberikan camilan sehat pada anjing gemuk Anda. Hindari memberikan camilan ringan yang memang dikhususkan untuk manusia, misalnya es krim, biskuit, junk food dan sebagainya. Makanan ringan yang dikhususkan untuk manusia memiliki kalori yang tinggi, lemak dan juga gula. Sehingga tidak cocok untuk anjing yang kelebihan berat badan.

  1. Mengajak Anjing Bergerak Setiap Hari

Anjing yang memiliki kelebihan berat badan pasti memiliki ciri-ciri malas untuk bergerak. Jika anjing Anda sudah mulai menunjukkan ciri-ciri ini, sebaiknya mulai agendakan untuk mengajaknya bergerak setiap hari. Cara paling sederhana yaitu dengan mengajak jalan-jalan anjing. Hal ini baik untuk membakar kalori pada anjing.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment