Manfaat Rutin Mengkonsumsi Susu Pasteurisasi


Pasteurisasi merupakan proses pembunuhan bakteri berbahaya pada susu dan memperlambat pertumbuhan mikroba yang dapat menyebabkan susu tersebut cepat basi. Dengan begitu, susu pasteurisasi memiliki kualitas yang semakin baik sehingga pengkonsumsiannya dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. 


Lalu apa sajakah manfaat susu pasteurisasi tersebut? Berikut ulasan singkatnya!


  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi


Meski susu sudah melalui pasteurisasi atau pemanasan hal tersebut tidak berbahaya atau pun akan merusak nilai gizinya. Pasalnya, tujuan dari pasteurisasi sendiri yaitu untuk membunuh berbagai bakteri jahat serta menonaktifkan beberapa enzim. 


Dengan kata lain, proses pasteurisasi tersebut akan menghilangkan semua mikroba dalam susu, termasuk basil asam laktat. Jadi, kandungan nutrisi dalam susu akan tetap terjaga setelah proses pasteurisasi dan pengkonsumsiannya bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, meningkatkan sistem pencernaan juga kekebalan tubuh.


  1. Mengurangi berbagai risiko penyakit 


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pasteurisasi adalah proses yang bertujuan untuk membunuh bakteri berbahaya dengan memanaskan susu mentah pada suhu dan dalam jangka waktu tertentu. Perlu diketahui, susu mentah yang belum diolah mengandung berbagai mikroorganisme berbahaya, misalnya bakteri Salmonella, Escherichia coli dan Listeria. 


Bakteri-bakteri tersebut bisa menimbulkan berbagai risiko gangguan kesehatan. Maka dari itu, dengan rajin mengkonsumsi susu pasteurisasi, hal tersebut dapat mengurangi resiko penyakit seperti diantara yaitu TBC, tifus, cacar air, sakit tenggorokan, difteri hingga gangguan saluran pencernaan.


  1. Sudah difortifikasi 


Fortifikasi adalah proses penambahan mikronutrien (vitamin dan unsur renik esensial) ke dalam makanan atau minuman. Nah, susu pasteurisasi yang telah difortifikasi tentu akan memiliki lebih banyak nutrisi, seperti salah satunya vitamin D yang sangat diperlukan untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang. 


Selain itu, tujuan fortifikasi juga dapat mengawetkan serta mengembalikan unsur hara atau sebagian kecil unsur hara yang hilang akibat pemanasan.


Itulah dia berbagai manfaat dari susu pasteurisasi yang perlu Anda ketahui. Dari sekian banyaknya susu kemasan yang ada di pasaran, Anda bisa memilih susu Greenfields Fresh Milk yang mampu memberikan kebaikan 100% susu sapi segar dengan rasa susu yang utuh melalui proses pasteurisasi.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment