Tidak Perlu Panik, Begini Perawatan Pusar Bayi Berdarah



Penyebab perdarahan tali pusar pada bayi adalah tali pusar mengering dan lepas yang merupakan hal yang wajar. Namun, orang tua harus berhati-hati bila gesekan atau infeksi menjadi penyebabnya. Tetapi bagi orang tua tidak perlu khawatir karena perawatan pusar bayi berdarah.


Tali pusar memainkan peran yang sangat penting dalam rahim. Tali pusar seolah menjadi “perantara” yang dapat menyalurkan nutrisi penting dari tubuh ibu ke tubuh bayi. Saat lahir, bayi tidak lagi membutuhkan tali pusar karena mendapat nutrisi langsung dari Air Susu Ibu (BSM). Maka jangan heran jika dokter memotong tali pusar setelah melahirkan.


Dikutip dari Medical News Today: Sebagian besar kasus perdarahan pada tali pusar bayi adalah hal yang normal. Penyebab utama perdarahan pada tali pusar bayi biasanya adalah tali pusar yang kering (tali pusar bergelombang). Pendarahan dapat dilihat di mana tali pusar robek.


Selain itu, bisa juga terdapat nanah pada pusar bayi, karena luka pusar belum mengering, melainkan basah, akibatnya terinfeksi jamur. Penyebab lain perut bayi bocor adalah gesekan popok atau kain pakaian pada tunggul pusar. Biasanya ada sedikit darah. Namun, jika perdarahan tali pusar tidak juga berhenti, ada risiko infeksi yang berbahaya jika tidak segera ditangani.


Ketahui penyebab dan cara mengatasinya

Penyebab keluarnya darah dari tali pusar bayi bisa terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memahami pertolongan pertama. Jika perdarahannya normal, sebaiknya orang tua membersihkan pusar bagian dalam dan luar dengan kain bersih. Berikan tekanan lembut pada pusar untuk menghentikan pendarahan.


Setelah itu, pastikan popok atau baju bayi tidak bergesekan dengan pusar. Sekali lagi, ingatlah bahwa ini juga bisa menyebabkan pendarahan dari tali pusar bayi. Anda tidak perlu membubuhkan povidone-iodine (obat merah), bedak, minuman, alkohol atau obat luar lainnya pada tali pusar yang bocor. Namun, jika pendarahan tidak berhenti, Anda mungkin mengalami infeksi. Dalam keadaan ini, segera cari bantuan medis untuk perawatan yang tepat. 


Selalu berikan perawatan terbaik untuk si kecil dengan kenyamanan dari popok yang anda berikan. Tidak perlu bingung karena dengan adanya MAKUKU SAP Diapers Pro Care, pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer dan anti gumpal pertama di Indonesia. MAKUKU SAP Diapers Pro Care dibuat dari bahan berkualitas tinggi dari berbagai negara yang memiliki kelembutan tingkat tinggi. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment